Agar Kulit Lebih Cerah

Pisang, sayur bayam, dan alpukat -- buah yang baik untuk kesehatan kulit. [paleofriendly]
Banyak faktor yang menentukan kesehatan dan penampilan kulit manusia. Selain kelelahan, stres. kondisi lingkungan, paparan sinar matahari, sampai usia. Semua ini menentukan munculnya kantong mata, jerawat, plek atau noda hitam, garis-garis halus, sampai keriput dan kulit kendur, yang dianggap sebagai kekurangan. Dan naluri kita untuk senantiasa menepis atau mengurangi kekurangan itu. Bahkan, kalau bisa menghilangkannya. Kita ingin selalu tampak muda, segar, dan menarik.

Semua itu, hasrat untuk selalu tampak muda itu, mendorong lahirnya aneka metode dan teknologi. Mulai dari botox, suntik aneka horman dan vitamin, sampai bedah plastik. Tapi, tahukah Anda ada cara yang relatif murah dan bebas dari efek samping berbahaya untuk memelihara kualitas kulit kita? Makanan!


Ya, makanan. Tentunya tak perlu dijelaskan lagi bagaimana efek makanan terhadap kesehatan tubuh kita. Pun terhadap kulit, terhadap tanda-tanda penuaan pada kulit. "Banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan lainnya yang kaya akan mineral dan vitamin yang bisa membantu kelembaban kulit, tidak tampak kering alias menahan penuaan," kata Dr.Phaidon L.Toruan, dokter yang dikenal sebagai Pakar Lansing dan Anti Aging. "Buah-buahan dan sejumlah makanan lainnya juga membantu meremajakan kulit sehingga seseorang yang mengonsumsi buah-buahan secara rutin akan tampak lebih muda dari usianya," tambah penulis sejumlah buku itu.


Berikut sejumlah buah-buahan, sayuran, makanan lain yang bisa membuat kulit lebih segar dan tampak lebih cerah, yang kami kumpulkan dari berbagai sumber: 

Alpukat. Kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi, membuat buah ini kerap dicurigai sebagai penyebab kegemukan. Padahal, selain lemak yang terkandung dalam alpukat mengandung omega 3, asam lemak yang sangat dibutuhkan tubuh, alpukat juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang akan mencegah kulit keriput. Sementara, vitamin E yang juga terkandung pada buah ini membantu melawan penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat. Buah ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi jerawat.


Pisang. Wajah bengkak dan timbulnya kantong mata disebabkan retensi air yang terlalu banyak. Dan munculnya kantong mata ini dapat merusak peregangan kulit serta menyebabkan munculnya garis di wajah. Sementara, penyebab utama dari retensi air adalah terlalu banyak garam di dalam tubuh. Nah, kelebihan garam dalam tubuh ini bisa diseimbangkan dengan mendongkrak asupan kalium. Sedangkan kalium banyak terkandung dalam pisang. Maka, mengkonsumsi pisang bisa mengurangi atau mencegah retensi air dan timbulnya kantong mata. Artinya, mencegah keriput dan garis-garis di kulit -- terutama bagian wajah.

Bawang Putih. Mungkin masih banyak yang tak percaya dengan bawang putih sebagai obat jerawat. Tak perka wajah Anda berjerawat maka bawang putih dapat menjadi teman baik Anda. Cobalah mengkonsumsi bawang putih mentah kala Anda berjerawat. Dalam hitungan hari, jerawat akan sirna. Ini disebabkan antibiotik alami yang ada dalam sayuran itu. Zat itu membersihkan darah, artinya memperlanar sirkulasi darah, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antibakteri. Itulah kenapa bawang putih bisa mencegah jerawat.

Tiram.  Makanan ini mungkin termasuk kegemaran Anda. Atau, malah Anda membencinya? Suka atau benci, tiram mengandung banyak Vitamin B12 dan zat besi. Dan keduanya sangat baik untuk kulit. Jika wajah Anda tampak pucat dan ada lingkaran hitam di bawah mata itu disebabkan karena kekurangan nutrisi. Mengkonsumsi tiram bisa menjadi solusi. Selain tiram, ikan salmon, kacang merah, kacang kedelai, kerang, dan rumput laut, juga memiliki manfaat yang sama.

Bayam. Sayuran ini kaya akan lutein. Sebagai antioksidan, lutein dapat membantu mencegah keriput, mempertahankan kelembaban dan elastisitas serta mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Bayam juga banyak mengandung Vitamin K dan C yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata dan memperkuat dinding kapiler. Selain itu, lutein juga menjaga bola mata Anda tetap sehat. Artinya, mengkkonsumsi bayam tak hanya bagus buat kulit. Tapi, juga untuk mata.


Post a Comment

0 Comments