Sembilan Ketakutan Berlebihan Terhadap Makanan

Ekspresi ketakutan - ilustrasi. [via blogkeberkahan] 
Fobia, atau ketakutan berlebihan biasanya menyangkut hal-hal yang "masuk akal". Fobia ketinggian, tempat sempit, badut, boneka, dan sebagainya. Tapi, fobia makanan? Mungkin ini terdengar aneh. Tapi, begitulah faktanya. Ada sejumlah orang yang mempunyai ketakutan berlebihan terhadap jenis-jenis makanan tertentu. Bahkan, terhadap makanan yang popular atau banyak disukai orang. Makanan apa sajakah itu?


Acerbophobia, Fobia Terhadap Makanan Asam


[intisari] 
Segelas es jeruk, sirup, atau minuman yang rasanya segar bisanya banyak dicari orang saat cuaca sedang terik. Namun, hal ini tidak akan dilakukan orang dengan acerbophobia alias pengidap fobia makanan asam. Orang dengan gejala ini bukan sekadar tidak suka rasa asam, tapi cenderung takut.


Cibophobia, Fobia Terhadap Produk Susu

[cnn] 
Jenis fobia makanan satu ini sering dianggap sebagai jenis ketakutan paling buruk yang dapat diidap seseorang. Cibofobia adalah ketakutan terhadap makanan. Namun, dalam beberapa kasus ditemukan bawa penderita cibofobia hanya takut terhadap jenis makanan tertentu, seperti yang cepat busuk. Salah satu yang paling terkenal adalah produk susu.

Lachanophobia, Fobia Terhadap Sayuran

[via tribunnews]
Banyak anak yang diklaim memiliki fobia pada sayuran. Padahal, sayuran memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Menurut beberapa ahli fobia sayuran dapat terjadi mungkin karena mereka pernah diceritakan atau mengetahui apa saja makhluk yang hidup dalam tanah, sesuatu yang menjijikan sehingga mereka takut.

Ichthyophobia, Fobia Terhadap Ikan


[zonaikan]

Sangat disayangkan, makanan yang kaya akan vitamin seperti ikan baik dalam keadaan hidup atau mati sangat dihindari oleh penderita ichthyophobia. Pemicu timbulnya ketakutan adalah ketika penderita melihat tampilan ikan. Ketakutan itu muncul saat ia melihat mata ikan yang dianggapnya sangat besar dan tubuh ikan yang berlendir. Oleh karena itu, ia akan selalu mencoba menghindari laut yang terdapat banyak ikan atau ikan yang sudah matang dan siap untuk disantap.

Arachibutyrophobia, Fobia Terhadap Selai Kacang

[kabar6]
Ketakutan yang berlebihan pada selai kacang yang menempel di langit-langit mulut. Orang yang memiliki fobia ini akan sangat merasa terganggu atau malu untuk mengeluarkan selai yang terjebak di bagian atas mulutnya, terutama di tempat umum. Akibatnya, penderita fobia ini tidak akan makan selai kacang seumur hidup mereka.

Ovophobia, Fobia Terhadap Telur

[poskotanews]
Telur jadi salah satu jenis makanan yang paling basic dan umum dikonsumsi. Tapi ada orang yang memiliki ketakutan terhadap terlur atau yang sering disebut ovophobia. Sutradara legendaris asal London, Alfred Hitchcock, adalah salah satu pengidapnya. “Aku takut pada telur, benda bulat berwarna putih tanpa lubang itu,” ujarnya. “Pernahkah kalian melihat sesuatu yang lebih menjijikkan daripada cairan kuning yang keluar dari retakan cangkang telur?”

Turophobia, Fobia Terhadap Keju


[tribunnews]
Bagi pecinta keju, makanan seperti pizza atau mac n’ cheese pasti terlihat menggiurkan. Tapi lain cerita kalau makanan tersebut dihadapkan di hadapan pengidap turophobia alias fobia keju. Penyebab terbentuknya fobia makanan ini bisa berbeda satu orang dengan yang lain, begitu pula gejala dan tingkat keparahannya. Ada juga mereka yang merasa mual hingga muntah hanya dengan melihat foto keju.

Carnophobia, Fobia Terhadap Daging

[hellosehat]

Carnophobia berasal dari kata “carnalis” yang dalam bahasa Latin berarti “daging”. Fobia makanan ini penyebabnya tidak selalu muak terhadap rasa daging, sebagian benci mengkonsumsi daging karena hal tersebut dianggap mencederai kesejahteraan hewan. Mereka dengan fobia ini bisa lengsung merasa mual hanya dengan mencium aroma daging panggang. Tempat-tempat seperti restoran, pasar malam, dan pusat keramaian lainnya bisa jadi hal yang mengancam. Jika tak diatasi, ini bisa menjelma jadi masalah sosial.

Mortuusequusphobia, Fobia Saus Tomat

[fooddetik]

Mortuusequusphobia adalah rasa takut terhadap saus tomat, mulai dari bau hingga rasanya. Wanita asal London bernama Dixie Innes merupakan salah satu pengidapnya. Mengetahui keadaan tersebut, ia memutuskan untuk membuat sausnya sendiri menggunakan buah delima. Di luar dugaan, orang-orang di sekitarnya justru tertarik dengan inovasinya tersebut. Kini ia berprofesi sebagai chef dan co-founder dari Aphrodite, yakni bisnis kerajinan makanan yang berbasis di London.

Apakah Anda pernah menemukan orang dengan gejala serupa?

Post a Comment

0 Comments