Sejumlah Masalah Saat Musim Hujan


Sejumlah kendaraan melewati jalan yang tergenang air. [merdeka]
Musim hujan telah tiba. Kendaraan kita pun, mobil atau motor, butuh perhatian ekstra. Terlebih, bila kita kerap melewati daerah yang tergenang air atau banjir. Berikut sejumlah hal yang harus mendapat perhatian lebih kala musim hujan:

Sistem Pengereman (Brake System)
Air hujan yang menggenang membawa material kotoran. Dan ini mempengaruhi kinerja sistem pengereman (brake system). Rem jadi kurang pakem, timbul suara-suara, komponen rem cepat aus atau habis. Karena itu, saat musim hujan kita harus lebih rajin membersihkan komponen-komponen rem ini. Agar terhindar dari masalah-masalah di atas dan kinerja rem pun tetap prima.

Mogok
Besarnya volume air atau genangan, tak jarang mereka menerabas ruang mesin. Bila semua komponen terbalut atau tertutup rapi sebagaimana mestinya, hal ini tak akan menjadi soal. Namun, bila posisi atau keadaan komponen-komponen yang semestinya senantiasa kering itu sudah mulai aus atau tidak tertutup dengan baik, kinerjanya pun akan terganggu. Puncaknya, ya mogok.  
Karenanya, kita harus lebih sering memeriksa bagian-bagian penting pada mesin. Kabel busi, busi, karburator, contact point (platina), kepala aki, motor starter, serta rangkaian-rangkain pengapian lainnya. Semua ini merupakan hal penting untuk menjaga kondisi mesin kita tetap dalam kondisi aman di saat musim hujan atau banjir.

Sistem Suspensi atau Kaki-kaki
Masalah ini umumnya disebabkan kotoran yang menempel pada sistem suspensi kendaraan kita. Rajin membersihkan atau mencuci kendaraan di musim hujan adalah salah satu kunci utama menghindari masalah ini. Ya, di musim hujan kita memang harus lebih sering memandikan kendaraan kita. 

Sistem Kelistrikan
Sebenarnya hal ini sudah disinggu sedikit ketika membiarakan soal mogok tadi. Tapi, di sini kembali disinggung dan mendapat penakanan: Sistem kelistrikan tak hanya yang berada di bagian mesin. Tapi di bagian lainnya. Air yang masuk melalui celah body kendaraan, bahkan ruang mesin sekalipun, kerap merayap ke bagian lain. Dan bila kita kurang teliti merawat atau membersihkan bagian ini, masalah besar bisa terjadi. Mulai dari sekedar kendaraan susah hidup, kurang bertenaga, hubungan pendek, mogok, atau malah kebakaran. Sekali lagi, sering-seringlah memeriksa sistem kelistrikan dengan teliti. Terlebih di musim hujan.

Wiper

Usahakan kondisi wiper selalu prima. Karet-karet yang sudah mengeras dan rompal harus dihindari. Ia tak akan optimal menyapu air di kaca. Sementara, kita tahu, derasnya air yang menimpa kaca kerap menghalangi pemandangan. Berkenderapun menjadi tak nyaman. 

Jamur
Berbeda dengan poin-poin yang disebutkan tadi, ini memang tak berkaitan langsung dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Tapi, siapa yang merasa happy bila kaca atau body kendaraan kita ditumbuhi jamur? Dan, kitapun tahu, kelembabab akibat hujan membuat jamur tumbuh subur. Ingat 'kan peribahasa "Seperti jamur di musim hujan"? Begitulah adanya. Karenanya, lagi-lagi rajin membersihkan kendaraan menjadi kunci untuk mencegah betahnya jamur di kendaraan kita.

Post a Comment

0 Comments